Jumat, 19 Februari 2010

Teknik Mengatasi Kesepian


Psikologi Remaja

Terkadang kita merasa begitu sepi dan sunyi. Seolah-olah tiada tempat mengadu dan tiada tempat untuk bergantung. Namun jangan bimbang perasaan itu adalah normal dan sering dihadapi oleh kebanyakan remaja. Tetapi kebanyakan orang salah dalam mengambil tindakan dan tidak tau cara bagaimana mencari penyelesaiannya.


Ada tiga faktor utama yang boleh menyebabkan seseorang itu merasa begitu sepi.

1. Tinggal jauh dari keluarga. Kalau selama ini ayah dan ibu menjadi tempapat mencurahkan segala permasalahan dan menjadi tempat minta pertolongan, namun apabila tinggal berjauhan segala-galanya kamu harus selesai dan lakukan sendiri. Saat inilah kamu merasa hidup terlalu sepi karna hilang tempat bergantung.

2. Masalah dalam menyesuaikan diri. Kamu beranggapan semua orang tidak dapat memahami diri kamu, sehingga kamu tidak langsung coba menyesuaikan diri dengan orang-orang sekeliling. Tindakan ini membuat seseorang itu merasa tersisih dan sepi tanpa teman untuk berbagi.

3. Tiada teman istimewa. Lebih terasa sepi lagi apabila teman-teman semuanya sudah memiliki kekasih tetapi kamu masih seorang jomblo. Keadaan ini membuat kamu merasa kesendirian.


BERAWAL DARI KONSEP DIRI YANG RENDAH (SELF-CONSEF LOW)

Menurut David D. Burns, penulis buku Intimate Connections yang mengembangkan program mengatasi kesepian di Presbyterian Medical Center, Philedelphia, punca orang-orang yang berasa hidupnya sepi ini pertamanya, karna mempunnyai rasa percaya diri yang rendah. Mereka takut ditolak, dikeritik dan dicela sehingga bersikap terlalu kritis terhadap diri sendiri. Ini disebabakan mereka mempunyai harapan yang tidak masuk akal seperti; “ sepatutnya saya”, “seharusnya aku”, dan persepsi-persepsi yang mengekang kebebasan berpikir individu tersbut. Sehingga ia terbentur dalam keadaan persepsi yang cenderung mengikat kretativitas dalam membuat keputusan dan penilaian terhadap diri sendiri dan persekitarannya. Rasa percaya diri yang rendah pula dapat menyebabkan seseorang itu menarik diri dari keramain, malas bergabung dalam komunitas-komunitas sosial karna ia beranggapan dirinya tidak berarti apa-apa dibanding denan orang lain. Perasaan ini dapat menimbulkan rasa malas menjalinkan persahabatan.

Perasaan rendah diri ini muncul dalam diri seseorang berdasarkan persepsi yang dia buat sendiri dalam mengenal dirinnya (self-concept). Persaan ini menyelinap dari persepsi-persepsi negatif yang individu reka sediri dalam pemikiran yang cenderung bias. Kenapa ia terjadi?

Ia dapat dipengaruhi oleh lingkungan, cara berpikir dan tidak begitu kenal mengenai kekurangn dan kelebihan diri sendiri. Ini adalah punca perasan rendah diri. Manusia itu lebih cenderung untuk menjadi orang lain daripada jadi dirinya sendiri.


10. SARAN DR. BURNS DALAM MENGATASI KESUNYIAN

1. Selalu ingatkan kelebiahan yang kamu miliki dalam setiap pembawaan suapaya kamu dapat meras bangga pada diri sendiri, bayangkan diri kamu adalah penting dan diperlukan. Orang lain umumnya tertarik pada seseorang yang berpandangan positif.

2. Laksanakan aktivitas yang selama ini kamu inginkan misalnya belajar menari, olah raga, bermain musik, dan melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan sosial. Menyibukkan diri dalam bidang-bidang yang digemari akan membangkitkan rasa percaya diri dan menghilangkan kesunyian.

3. Jangna suka membanding-bandingkan diri anada dengan orang lain. Karna kamu nantinya akan bertemu dengan orang yang lebih hebat dari kamu. Memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak kamu miliki yang menyebabkan kamau merasa rendah diri.

4. Bergabung dengan kumpulan-kumpulan yang mempunyai minat yang sama. Secara langsung atau tidak cara ini dapat mengisi ruang kekosongan dihati.

5. Sibukkan diri dengan pekerjaan-pekerjaan untuk mengisi waktu luang seperti kegiatan-kegiatan suka rela. Denan cara ini kamu lebih memikirkan apa yang mampu kamu berikan untuk orang lain. Secara tidak langsung ia akan member rasa senang kepada diri sendiri.

6. Lakukan sesuatu yang membuat kamu tersa amat istimewa seperti makan makanan yang kamu sukai, menghiasi kamar dengan hiasan yang kamu sukai, pergi kesalon dan banyak lagi perkara yang membuat kamu merasa terisi dalam kehidupan.

7. Jaga diri dari penampilan, dan hindarilah dari memakai pakaian yang menyolok seperti warna, trend. Penampilan kamu dapat membentukkan persepsi orang terhadap kamu.

8. Jangan terlalu kritis terhadap diri sendiri dan orang lain. Jika kamu mengaharap untuk bertemu dengan orang yang sempurna dan memenuhi kehendakmu selamanya kamu tidak akan menemukannya. Adakalanya kamu harus belajar menerima kekuarnang orang lain.

9. Selalu tersenyum dan ucspkan kata-kata sapaan seperti; hai. pada orang lain meskipun tidak kamu kenal. Kalau tidak mau dikatakan terlalu over mulaikan dulu dengan orang yang sejenis dengamu. Apabila kamu sudah mampu membentuk konsep percaya diri yang tinggi kamu akan lebih mudah untuk memulaikan pergaulan.

10. Jangan pelit member pujian pada orang lain. Karna pujian itu aset terpenting untuk membuat orang merasa senang dengan kehadiranmu. Yang penting pujian itu sesuai pada konteksnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar